Dari Muba Untuk Muba

Blog ini bisa menjadi jendela bagi Kita, Jendela seputar kiprah, kegiatan, ide pikiran , gagasan saya dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin daerah Kabupaten Muba. Saya Ingin Masyarakat lebih tahu sejauh mana saya menjalankan amanah ini, dalam penyajiannya Blog ini harus menyajikan info WAJAH YANG TANPA TOPENG. Semoga dapat memberi manfaat. - Salam !

Rabu, 27 Februari 2013

Bangun Lumbung Pangan Ditingkat Desa


Guna menjaga ketahanan pangan di Musi Banyuasin (Muba), Pemkab Muba telah melakukan serangkaian kegiatan, salah satunya membangun Lumbung Pangan ditingkat desa. Dengan adanya lumbung pangan diharapkan ketersediaan pangan dapat terjaga, selain itu menjadi Kabupaten Muba mandiri.
Hal ini diungkap Wakil Bupati Muba Beni Hernedi dalam pemaparan tentang kebijakan ketahanan pangan di Muba dalam seminar Publik Konversi Pertanian dan Pangan oleh Yayasan Wahana Bumi Hijau (WBU), di Ballroom Hotel Sahid Imara, Selasa (26/2).
        Dalam paparannya, Wabup memaparkan sejumlah program ketahanan pangan sudah dilakukan mulai 2012-2013. Selain membangun lumbung pangan, Wabup menyampaikan saat ini juga diadakan pengembangan desa mandiri, serta membangun gudang cadangan pangan.
“Masih banyak program yang akan dilakukan kedepannya. Dari seluruh program intinya kita bisa mempercepat kesejahteraan rakyat khususnya disektor pertanian ini, terutama terwujudnya Permata Muba 2017,” jelas Wabup.
        Wabup mengatakan lahan untuk kebutuhan kelapa sawit akan diperketat lagi dalam perizinannya dengan melihat daya dukung lingkungan.
        “Sebelum membuka lahan sawit, pihak perusahaan itu wajib dilakukan studi kelayakan dan analisis dampak mengenai lingkungan yang ada akan dibuka. Hasilnya harus disetujui oleh tim evaluasi dari lembaga yang berwenang. Perizinan yang ketat sesuai dengan rencana tata ruang wilayah kabupaten musi banyuasin yang sekarang dalam proses perda,” ujar Wabup.
        Wabup juga menambahkan Kabupaten Musi Banyuasin memliki lahan kelapa sawit yang luas. Dengan adanya pengembangan kelapa sawit yang dilakukan secara professional akan memberikan efek besar dalam pengentasan kemiskinan.
Seminar yang dilaksanakan oleh yayasan Wahana Bumi hijau (WBU) bekerja sama dengan yayasan Sawit Watch. Hadir pada pertemuan tersebut, Dinas pertanian serta petani yang ada dibeberapa kabupaten kota di Sumatera Selatan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar